Saturday, 2 January 2016

Cara Belajar SEO Dengan Mudah



Apa itu SEO ? 
SEO adalah singkatan dari (Search Engine Optimization), atau sering juga disebut sebagai optimasi mesin pencari. Dalam belajar ilmu internetmarketing, memahami teknik-teknik SEO dengan baik akan menjadi kunci sukses untuk Anda dalam dunia bisnis online yang Anda jalankan.

Binggung harus dari mana memulai SEO (Search Engine Optimization)? Santai sob, disini saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman saya setelah googling berhari-hari untuk mencari teknik belajar seo. Dalam belajar seo sangat dibutuhkan kesabaran sob, karena belajar SEO itu butuh proses seperti membaca, memahami dan praktek. Itupun tidak dengan waktu yang singkat satu jam, satu hari, atau bahkan satu minggu, butuh waktu berbulan-bulan dalam melakukan seo yang benar. Begitu juga saya, saya belajar SEO mulai dari nol dan membutuhkan waktu panjang. walaupun sampai sekarang blog ini belum juga menempati posisi page one. tetapi saya tidak berputus asa, karena berhasil yang baik itu berwal dari kesusahan dan kegagalan.

Oke sob, langsung saja bagaimana Cara Belajar SEO Dengan Mudah ini? Silahkan disimak..

Niat Yang Kuat
Yups, modal pertama yang harus kalian punya dalam belajar SEO adalah niat yang kuat. Tanpa niat maka kita tidak akan bisa optimal dalam mempelajarinya. Maka dari itu tanamkan dalam hati dan niatkan untuk belajar SEO!

Jangan Malas Membaca
Nah, modal kedua dalam belajar SEO adalah jangan malas membaca. Jika kalian malas dalam membaca jangan harap kalian dapat menguasainya. Membaca adalah pintu ilmu, maka dari itu kita tidak boleh malas dalam membaca.

Jangan Malu Bertanya
Yang ketiga adalah jangan malu bertanya. Seperti kata pepatah "Malu bertanya, susah di jalan." Maka dari itu kita tidak boleh malu dalam bertanya, bertanyalah pada orang yang lebih ahli dan dalam bidangnya. Jangan sampai nanti kalian bertanya kepada tukang kebun tentang hal SEO! Karena pasti dia tidak akan tahu lah sob. 

Bergaul Dengan Ahli SEO
Bergaul dengan orang - orang yang berkecimpung di dunia SEO itu perlu, karena biasanya mereka tidak akan sungkan untuk berbagi ilmu kepada siapa saja. Tanyakanlah kepada dia jika ada hal yang perlu dipertanyakan.

Melakukan Praktek
Setelah banyak membaca, bertanya kesana - kemari, bergaul dengan para ahli SEO dan sudah banyak mendapatkan ilmu. Kita hanya tingal mempraktekanya saja pada blog kita tentang apa yang telah kita ketahui dalam hal SEO.

Semangat Yang Kuat
Semangat yang kuat juga perlu dalam belajar SEO. Karena tidak jarang dari semua teknik SEO yang kita lakukan gagal dan akhirnya terkena Google sandbox. Jadi kita harus semangat dalam menjalani itu eemua. Dan jangan pernah pula kalian putus asa hanya karena Google sandbox atau pynalti yang melanda blog kita toh juga akan berlalu! biggrin

Kesabaran
Kesabaran juga perlu dalam belajar SEO. Karena belajar SEO itu butuh proses, tidak langsung bisa begitu saja. Perlu tahapan, pemahaman dan praktek tentunya. Jika gagal dalam praktek kalian harus sabar dan mencoba teknik lain yang sekiranya ampuh untuk meningkakan posisi artikel di SERP dan jangan pernah putus asa. "Never give up!" 


Dalam belajar SEO sebenarnya ada dua inti agar menguasai SEO, yaitu pemahaman teori dan praktek. Karena jika kita paham, namun tidak dipraktekan ilmu SEO yang kita miliki. Itu tidak ada gunanya, ibarat cangkul yang hanya disimpan dalam sebuah gudang. "Bisa, tapi tidak dipergunakan? Untuk apa?"

12 comments:

  1. Setuju... Yang butuh kesabaran mah bener.. Ane dari dulu gak sabaran nih... Semoga inget saran agan..

    ReplyDelete
  2. setuju banget nih saya sama artikelnya siagan, makasih gan infonya :D

    ReplyDelete
  3. meski blm paham, saya tertarik baca2 ttg seo.
    suka coba praktekkin, ternyata menyenangkan, asyik.
    terimakasih tipsnya sgt membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama-sama. SEO itu penting banget untuk menempatkan blog kita di page one.

      Delete
  4. saya ikut baca juga gan saya masih blogger pemula

    ReplyDelete
  5. ini merupakan faktor dari luar,gan. . .setuju ane

    ReplyDelete
  6. Poin terakhir bener banget, kl kebanyakan teori gak praktek gak bakalan bisa

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak.