Friday 25 December 2015

Beberapa Tokoh, Negara, Dan Anggota Pendiri Asean

ASEAN Sebuah Singkatan dari Association of Southeast Asian Nation. adalah perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara yang dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Awalnya organisasi tersebut terdiri dari lima negara saja yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Kemudian negara lain seperti Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, Laos, dan Kamboja. Sekarang jumlah anggota ASEAN menjadi 10 negara. ASEAN didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967 melalui deklarasi bangkok, oleh 5 data negara pendiri ASEAN. Simak 5 Tokoh dan Negara yang mendirikan ASEAN.



5 TOKOH DAN NEGARA YANG MENDIRIKAN ASEAN

INDONESIA - Adam Malik



Adam Malik adalah salah satu tokoh pendiri ASEAN yang berkewarganegaraan Indonesia. Beliau menjabat sebagai menteri luar negeri Indonesia. Pria ini lahir pada tanggal 22 Juni 1917 di Pematang Siantar (Sumatra Utara). Beliau juga pernah menjabat sebagai wakil presiden Republik Indonesia ketika masa orde baru dimana ketika itu yang menjabat sebagai presiden adalah Soeharto. Kecerdasan beliau-lah yang membuatnya dipercaya untuk menjadi wakil Indonesia untuk menghadiri acara ASEAN tersebut.

THAILAND - Thanat Khoman




Beliau merupakan wakil pendiri ASEAN dari negara Thailand. Ia merupakan salah seorang kewarganegaraan Thailand yang mendapat gelar doktor dari salah satu universitas ternama di negara Prancis. Puncak Karir politiknya adalah ketika menjadi Wakil Perdana Menteri Thailand yang cukup dielu-elukan masyarakat Thailand waktu itu hingga sekarang.

MALAYSIA - Tun Abdul Razak



Beliau adalah tokoh pendiri asean yang berasal dari Malaysia. Negarawan ini lahir pada tanggal 11 Maret 1922. Beliau dikenal sebagai sosok yang cerdas dan sangat cinta kepada tanah airnya. Karena dedikasinya tersebut, beliau mendapat gelar Bapak Pembangunan Malaysia.

FILIPINA - Narsisco Ramos



Beliau adalah perwakilan dari negara Filipina. Masyarakat Filipina mengenal sosok beliau sebagai sosok yang memiliki karisma dan pernah menjabat sebagai diplomat, politikus, pengacara sampai menjadi seorang pengacara pernah beliau jalani. Orang pertama yang menyampaikan sambutan pada pertemuan 5 negara tersebut adalah beliau.

SINGAPURA - S. Rajaratnam



Beliau merupakan wakil pendiri asean dari Singapura. Beliau lahir di Sri Langka dan dikenal sebagai politikus yang cukup hebat. Beliau pernah menjabat sebagai wakil Perdana Menteri Singapura selama 5 tahun periode 1980-1985.


Ringkasan Negara dan Tokoh Pendiri ASEAN

INDONESIA

Mentri Luar Negri : Adam Malik. Bentuk Negara : Republik. Penduduk : 193.000.000 jiwa. Luas Wilayah : 1.906.240 Km2. Ibukota Negara : Jakarta. Bahasa : Indonesia. Mata Uang : Rupiah. Lagu Kebangsaan : Indonesia Raya. Lambang Negara : Bhinneka Tunggal Ika.

Negara kita tercinta ini adalah salah satu negara pendiri ASEAN. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita warga negara Indonesia karena negara kita ini cukup aktif dalam organisasi bangsa-bangsa Asia Tenggara tersebut. Saat itu Indonesia diwakili oleh perdana menteri luar negeri Indonesia yaitu Adam Malik. Negara kita ini berbentuk Republik dengan jumlah penduduk lebih dari seperempat milyar jiwa dengan luas wilayah daratannya kurang lebih 2 Juta kilometer persegi.

THAILAND

Perdana Mentri : Thanat Khoman. Bentuk Negara : Kerajaan. Penduduk : 56.814.000 jiwa. Luas Wilayah : 512.820 Km2. Ibukota Negara : Bangkok. Bahasa : Thai, China, Inggris. Mata Uang : Baht. Lagu Kebangsaan : “Pleng Chard”.

Negara selanjutnya yang menjadi pendiri asean adalah negara Thailand. Wakil dari negara Thailnad adalah menteri luar negeri Thanat Khoman. Negara dengan luas lebih dari 500 ribu km persegi ini menampung hampir 67 juta penduduk. Negara Thailand adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak dijajah oleh negara lain.

MALAYSIA


Perdana Mentri : Tun Abdul Razak.
Bentuk Negara : Federasi Kerajaan.
Penduduk : 17.981.000 jiwa.
Luas Wilayah : 332.370 Km2
Ibukota Negara : Kuala Lumpur.
Bahasa : Malayu, inggris, China.
Mata Uang : Ringgit.
Lagu Kebangsaan : Negara Ku
Lambang Negara : Bersekutu Bertambah Mutu.

Negara yang besebelahan dengan negara kita ini juga masuk dalam negara pendiri ASEAN. Saat itu Malaysia diwakili oleh menteri luar negeri Tun Abdul Razak. Negara dengan ibu kotanya Kuala Lumpur ini memiliki luas hampir 1/3 juta kilometer persegi, dengan jumlah penduduknya 30 Juta jiwa

FILIPINA

Perdana Mentri : Narsisco Ramos. Bentuk Negara : Republik. Penduduk : 65.758.000 jiwa. Luas Wilayah : 400.440 Km2. Ibukota Negara : Manila. Bahasa : Tagalog dan Inggris. Mata Uang : Peso. Lagu kebangsaan : Filipinas

Narsisco Ramos adalah wakil dari Filipina yang menjadi salah satu pendiri asean. Negara ini memiliki ibu kota yaitu Manila. Luas negara Filipina adalah sekitar 300 ribu km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 107 juta jiwa.

SINGAPURA

Perdana Mentri : S. Rajaratnam. Bentuk Negara : Republik. Penduduk : 2.756.000 jiwa. Luas Wilayah : 583 Km2. Ibukota Negara : Singapura. Bahasa : Melayu dan Inggris. Mata Uang : Dollar Singapura. Lagu Kebangsaan : Majulah Singapura. Lambang Negara : Majulah Singapura.

Negara terakhir yang menjadi pendiri ASEAN adalah Singapura yang diwakili oleh menteri luar negerinya yaitu S. Rajaratman. Negara Singapura adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang menjadi negara Maju di Asia Tenggara. Luas wilayahnya sekitar 700 km persegi saja, dengan jumlah penduduk sekitar 5,5 juta jiwa

Nah demikianlah sedikit artikel yang saya bagikan tentang Beberapa Tokoh, Negara, Dan Anggota Pendiri Asean semoga dapat membantu teman-teman sekalian yang sedang mencari artikel ini.
Load disqus comments

1 comments: